P5-PPRA di MTs Al Muhajirin dan P5 di SDIT Al Muhajirin

Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (PPRA) adalah projek pendidikan yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila (ideologi dasar Indonesia) dan Rahmatan lil Alamin (konsep kebaikan dan keadilan dalam Islam) di kalangan pelajar. Projek ini biasanya dilaksankan di sekolah/madrasah dan institusi pendidikan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman, etika dan moral pelajar.

Kegiatan  P5-PPRA di MTs Al Muhajirin dilaksanakan dalam 2 hari yaitu pada Selasa dan Rabu, 31 Oktober dan 2 November 2023 sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan tema "Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Rasulullah SAW Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW". Selain ceramah keislaman, kegiatan ini diisi juga dengan penampilan dari para siswa seperti tari saman, dll. Kegiatan ditutup dengan bazaar makanan untuk siswa dan tenaga didik.

Sementara itu, SDIT Al Muhajirin melaksanakan kegiatan P5 pada Jumat, 3 November 2023 untuk kelas IV dan Rabu, 8 November 2023 untuk kelas V.
Pada P5 kelas IV, para peserta didik mengerjakan projek mewarnai dengan teknik pounding. Teknik pounding  adalah membuat motif daun atau bunga ke atas kain dengan cara memukulkan palu di atas susunan daun tersebut. Metode pounding ini seperti mencetak motif daun di atas kain.
Sedangkan kelas V membuat batik jumputan sebagai penerapan P5. Batik jumputan adalah sebuah teknik batik yang dibuat dengan menjumput kain yang sudah diikat untuk menghasilkan motif tertentu dan diberi warna dengan pewarna buatan.

Demikian projek pada kegiatan P5-PPRA di lingkungan BLPI Al Muhajirin. Semoga tujuan P5 dan PPRA tercapai dan bisa diterapkan oleh seluruh peserta didik dalam ekhidupan sehari-hari.


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.