MTs Al Muhajirin di Kompac Alef Education 2023

Alef Education merupakan perusahaan teknologi pendidikan global yang berpusat di ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Visi Alef Education memasukkan transformasi pendidikan digital untuk Jenjang Pendidikan Dasar (PAUD/TK) s/d Jenjang Menengah (Kelas 12). Alef Education adalah Platform pembelajaran yang bekerja sama dengan Kemenag bertujuan untuk melakukan transformasi pada sektor Pendidikan Indonesia sehingga dapat menggunakan teknologi canggih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan mudah diakses peserta didik pada umumnya. Hal ini selaras dengan pencapaian Madrasah Cakap Digital.

Kegiatan KOMPAC merupakan sebuah kompetisi Nasional untuk para pelajar MTs dan MA se-Indonesia pada bidang Matematika dan Bahasa Inggris untuk tingkat MTs serta Bahasa Arab untuk tingkat MTs dan MA. Kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan literasi, numerasi, digitalisasi guru dan peserta didik madrasah Indonesia yang dilaksanakan oleh Alef Education bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madarasah Dirjen Pendidikan Islam.

KOMPAC dilaksanakan melalui dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan dilaksanakan pada hari Selasa 10 Oktober 2023, pukul 13.30 – 15.00 WIB. Pengumuman hasil penyisihan pada tanggal 13 Oktober 2023 dan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2023 dan pengumuman hasil final pada tanggal 3 November 2023.
Adapun bentuk tesnya berupa tes tertulis, pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks. Untuk kompetisi matematika peserta didik akan mengerjakan 25 soal dan untuk kompetisi Bahasa Arab & Bahasa Inggris peserta didik akan mengerjakan 40 soal, dengan durasi waktu diberikan 90 menit.

MTs Al Muhajirin mengikuti Kompetisi Pelajar Alef Education (KOMPAC) 2023 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris yang diselenggarakan di laboratorium Bahasa MTs Al Muhajirin pada Selasa (10/10/2023). Alhamdulillah pada Kompac Alef Education 2023, MTs Al Muhajirin berhasil meloloskan 4 peserta didiknya ke babak final. Mereka adalah Khalisah Zulkarnain, Bagas Haidar Rachmad, Nada Sasqiyyah Hidayat dan Siti Zahrameutia.

Para peserta mengikuti kegiatan lomba dengan sangat antusias, ini terbukti selama kegiatan berlangsung peserta didik merasa nyaman dan optimis menyelesaikan soal-soal yang diberikan dan mampu beradaptasi dengan aplikasi yang digunakan dengan berharap dapat meraih prestasi dan bisa mendapat prestasi di babak final.


Sumber lain : 
https://kalteng.kemenag.go.id/
https://alef.co.id/


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.