Gelar Karya SMA Al Muhajirin TP. 2023-2024

Di Jumat,15 September 2023, bertempat di lapangan SMA Al Muhajirin, peserta didik SMA Al Muhajirin dan seluruh tenaga pendidik menyelenggarakan Gelar Karya SMA Al Muhajirin TP. 2023-2024 yang bertemakan "Kearifan Lokal : Palang Pintu Betawi". 

Gelar karya di satuan pendidikan merupakan kegiatan yang diadakan dalam upaya pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Pada Gelar Karya SMA Al Muhajirin TP. 2023-2024,  peserta didik SMA Al Muhajirin menampilkan tradisi Palang Pintu Betawi.  Tradisi Palang Pintu pada masyarakat Betawi muncul dari kebiasaan orang Betawi di mana bila ada laki-laki yang hendak meminang perempuan, maka diwajibkan melumpuhkan jagoan di kampung calon istrinya atau saudara-saudaranya. Tradisi Palang Pintu memiliki arti sebagai simbol ujian yang harus dilalui mempelai laki-laki untuk membuka pintu restu dari keluarga perempuan. Cara membuka pintu restu itu adalah dengan menunjukkan kemampuan silat hingga membaca Al Quran.

Peserta didik SMA Al Muhajirin berhasil menampilkan tradisi Palang Pintu Betawi dengan apik dan berkesan. Diharapkan dengan adanya Gelar Karya akan terbentuk  profil pelajar SMA Al Muhajirin yang tangguh, modern namun tidak melupakan budaya, adat istiadat. sera kearifan lokal.

Cuplikan selengkapnya  : https://www.youtube.com/watch?v=Ckin-xQRsqQ


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.