Wisata Ilmiah 2022 MTs Al Muhajirin

Pada Kamis, 6 Oktober 2022 MTs Al Muhajirin mengadakan kegiatan wisata ilmiah atau Travel & Learn MTs Al Muhajirin. Daerah yang menjadi tujuan Travel & Learn MTs Al Muhajirin adalah daerah Cirebon, Jawa Barat.

Di daerah Cirebon para siswa mengunjungi Kasepuhan Keraton Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan salah satu dari bangunan peninggalan kesultanan Cirebon yang masih terawat dengan baik, seperti halnya keraton-keraton yang ada di wilayah Cirebon. Di lokasi ini, para pendidik menemui keturunan dari Kasepuhan Cirebon. Setelah berkunjung ke Kasepuhan Keraton Cirebon, tenaga didik dan siswa MTs Al Muhajirin melanjutkan wisata ilmiahnya ke Gua Sunyaragi. 

Gua Sunyaragi atau Taman Sari Guwa Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon di mana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi. Sebagai peninggalan keraton yang dipimpin oleh Sultan yang beragama Islam, gua Sunyaragi dilengkapi pula oleh pola-pola arsitektur bergaya Islam atau Timur Tengah. Secara visual, bangunan-bangunan di kompleks gua Sunyaragi lebih banyak memunculkan kesan sakral. Kesan sakral dapat terlihat dengan adanya tempat bertapa seperti pada gua Padang Ati dan gua Kelangenan, tempat salat dan pawudon atau tempat untuk mengambil air wudhu, lorong yang menuju ke Arab dan Cina yang terletak di dalam kompleks gua Arga Jumut.

Setelah ke kedua tempat wisata tersebut, peserta didik dibawa ke tempat berbelanja untuk membeli buah tangan sebelum kembali ke Jakarta.


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.