Gladi Bersih ANBK 2022 MTs Al Muhajirin

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar, dan semuanya tergabung dalam kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK.

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022 yang diselenggarakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan pada Agustus hingga September 2022. Berbagai persiapan melaksanakan ANBK 2022 pun dilakukan pada setiap sekolah. Persiapan ini berupa simulasi dan gladi bersih persiapan teknis.

Untuk gladi bersih ANBK 2022 dilaksanakan pada 12-13 September 2022. Gladi bersih ini bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah serta mengetahui apakah server pusat dapat mengakomodir pelaksanaan ANBK 2022 secara optimal. Serta persiapan seluruh pihak yang terlibat dalam ANBK 2022 baik dari peserta didik, proktor dan teknisi.

Pada Senin dan Selasa, 12 - 13 September 2022, MTs Al Mujahirin mengadakan gladi bersih ANBK 2022. Gladi bersih ini diikuti oleh 45 peserta didik kelas VIII, Bapak Ahmad Fauzi, S.Si sebagai proktor dan Bapak Dani Murdi sebagai teknisi. Soal yang diujikan pada simulasi ANBK 2022 berbentuk 36 soal literasi dan numerasi, serta 4 soal model angket. Waktu untuk mengerjakan soal literasi dan numerasi adalah 90 menit, sedangkan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal angket adalah 10 menit. Alhamdulillah pada gladi bersih ANBK 2022 MTs Al Muhajirin berjalan dengan lancar.

Sumber lain : Kemendikbud


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.