Kajian Ramadhan 1443 H Bersama Syeikh Ahmad Al Mishry

Alhamdulillah, pada Selasa, 19 April 2022, Masjid Al Muhajirin, kedatangan seorang ulama dan imam besar serta juri program Hafiz Indonesia, yaitu Syeikh Ahmad Al Mishry. Beliau memberikan tausiah Ramadhan tentang "Al Qur'an Sebagai Penyelamat Dunia dan Akhirat"

Pada tausiahnya ini, Syeikh Ahmad Al Mishri menjelaskan bahwa Al Qur'an adalah penyelamat manusia di kehidupan dunia dan akhiratnya kelak.
Al Qur'an yang mulia berasal dari Yang Maha Mulia yaitu Allah SWT, yang dibawa oleh malaikat yang mulia yaitu Jibril as, dan diturunkan kepada utusan-Nya yang mulia yaitu Rasulullah Nabi Muhammad Saw di malam yang mulia dan di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan.
Beliau menjelaskan lagi, bila seorang muslim senantiasa membaca Al Qur'an, maka Allah Azza wa jalla akan memberikan ketenangan di dalam hatinya seperti yang tercantum pada Al Qur'an dan hadis Nabi Muhammad Saw. Selain itu juga Al Qur'an akan memberikan syafaatnya kelak di akhirat, hal ini seperti yang tercantum dalam hadis Rasulullah Saw.

Kemudian Syeikh Ahmad Al Mishry menjelaskan tentang lima hak Al-Qur'an pada setiap muslim.
Pertama, Haqqut Tilawah, yaitu hak dibaca. Al-Qur'an itu petunjuk jika dibaca dan dipahami. Kedua, yaitu Haqqut Taddabur, yaitu hak di-taddaburi. Setiap muslim harus memahami dan memikirkan setiap ayat, baik dari sebab turun dan tafsir kandungan ayat.
Ketiga, Haq ‘Amal, setelah membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur'an, setiap muslim harus mengamalkannya, sehingga menjadi dasar-dasar kita berperilaku (berakhlak). Keempat, Haqqul Hifdzi, menghafal Al-Qur'an sesuai kadar maksimal kemampuan setiap muslim. Karena keberkahan dan kemuliaan Al-Qur'an akan selalu mengikuti setiap muslim yang menghafalkannya.
Dan yang kelima adalah Haqqut Tabligh, agar menjadi keberkahan bersama, hendaknya Al-Quran diajarkan kepada sesama manusia. Inilah nasihat Nabi Muhammad SAW kepada umatnya untuk menjadi sebaik-baiknya manusia.

Pada bagian akhir Kajian Ramadhan 1443 H bersama Syeikh Ahmad Al Mishry, beliau mengajarkan cara membaca Al Fatihah yang benar dan kemudian beliau mencontohkan membaca Al Fatihah. Hal ini ditekankan karena Al Fatihah merupakan salah satu rukun sholat.
Kajian diakhiri dengan forum tanya jawab bersama jamaah


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.