Peserta didik SDIT Al Muhajirin di Final KMS 17

Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) adalah kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA ini yang telah berlangsung selama 16 tahun dan tahun ini adalah gelaran KMS yang ke-17. Sebelumnya, kompetisi ini bernama Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), kemudian berganti menjadi Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) pada gelarannya yang ke-16 di tahun 2021 lalu.

KMS adalah kompetisi matematika tingkat nasional dan terbesar yang diadakan oleh KPM, berisi soal-soal yang mengandalkan nalar dan juga berintegrasi dengan karakter, sehingga siswa tidak hanya pintar melainkan juga berakhlak baik.

Peserta KMS merupakan siswa dari kelas 1-12 SMA yang terbagi menjadi 6 level. Manager Lomba KPM, Ardianto, S.T. menyebutkan bahwa pelaksanaan KMS 17 ini akan dilakukan di KPM pusat dan cabang, secara online ataupun offline.
Menurutnya lagi, kecerdasan anak bangsa saat ini tidak diimbangi dengan akhlakul karimah sehingga nilai-nilai baik mulai terlupakan dan anak-anak cenderung arogan dan kurang sopan terhadap guru dan orang tuanya.
Hal inilah yang menjadi latar belakang KPM membuat Kompetisi Matematika berbasis Suprarasional. KPM sangat berharap dengan kompetisi ini, anak akan memiliki kecerdasan yang tidak hanya kecerdasan otak di kepala, tetapi juga kecerdasan otak di dada.

Selain bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan otak di kepala dan dada, gelaran KMS ini juga bertujuan memetakan level kompetensi Matematika siswa di jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA, menemukan bibit unggul dan berpotensi dalam bidang Matematika, meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa, serta mengajak siswa untuk lebih dekat kepada Allah SWT.

Adapun tahapan pada KMS ini dimulai dengan Babak Penyisihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2022. Setelah Babak Penyisihan akan ada Babak Semifinal yang akan dilaksanakan pada 20 Maret 2022, dan diakhiri dengan Babak Final pada 17 April 2022.

Alhamdulillah peserta didik SDIT Al Muhajirin yang diwakili oleh  Muhammad Fahrezi Avicenna dan Muhammad Faiq Izyanhasan sudah memasuki babak final Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) ke-17.
Semoga Allah SWT selalu memberikan yang terbaik untuk ananda berdua. 

Sumber lain : www.radarbogor.id


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.