Gladi Bersih Simulasi ANBK 2021 SMA Al Muhajirin

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2021 yang diselenggarakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah akan dilaksanakan pada September-Oktober 2021. Berbagai persiapan melaksanakan ANBK 2021 pun dilakukan pada setiap sekolah. Persiapan ini berupa simulasi dan gladi bersih persiapan teknis.

Untuk simulasi ANBK 2021 periode terakhir dilaksanakan pada 30 Agustus-2 September 2021. Selanjutnya dilaksanakan gladi bersih sebagai tahapan akhir persiapan teknik ANBK 2021. Gladi bersih ini bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah serta mengetahui apakah server pusat dapat mengakomodir pelaksanaan ANBK 2021 secara optimal. Serta persiapan seluruh orang yang terlibat dalam ANBK 2021 baik dari peserta didik, proktor hingga teknisi.

Pada hari Senin dan Selasa, 6-7 September 2021, SMA Al Mujahirin mengadakan gladi bersih ANBK 2021. Gladi bersih ini diikuti oleh perwakilan guru, perwakilan peserta didik, proktor dan teknisi. Soal yang diujikan pada simulasi dan gladi bersih ANBK 2021 berbentuk 36 soal literasi dan numerasi, serta 4 soal model angket.

Sumber lain : Kemendikbud


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.