#TantanganBaca Digital

Pelaksanaan kegiatan tantangan baca digital siswa merupakan kegiatan alternative atau pengembangan dari kegiatan baca Jakarta yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta di tahun 2019, pelaksanaannya secara konfensional. Pelaksanan kegiatan baca Jakarta sedianya dilaksanakan dua tahap di triwulan I dan di triwulan ke 3, karena pandemic covid 19, maka pelaksanaannya di tiadakan, karena di hawatirkan akan mengakibatkan penyebaran virus corona. Sebagai alternative agar kegiatan baca Jakarta eksistensi tetap ada maka diprogramkan kegiatan dengan menggunakan koleksi elektronik ijakarta.dengan nama #tantanganBaca digital siswa tahun 2020.

Kegiatan tantangan baca digital ini melibatkan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan asumsi pemanfaatan teknologi informasinya sudah munpuni atau mahir. Pelaksanaan tantangan baca digital siswa merupakan kegiatan kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, pelaksanaanya dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu : 

  1. Penyampaian teknis dan mekanisme pelaksanaan kegiatan tantangan baca digital siswa oleh Dispusip
  2. Guru memilih dan membentuk kelompak di setiap sekolah yang di tunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, tiap sekolah mengikutsertakan sebanyak 50 siswa, dan dibagi dalam 5 kelompok masing-masing kelompok 10 peserta yang di damping oleh 1 orang guru pembimbing.
  3. Siswa mendowload/meminjam buku melalui ijakarta, siswa melakukan reviw/meringkas buku bacaanya, dengan pola : Menulis resensi buku, menilai kelebihan dan kekurang buku yang dibaca, menulis dengan menggukanan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD.
  4. Pelaksanaan tantangan baca digital dimulai pada tanggal 18 Agustus sampai dengan 14 September 2020.
  5. Penilaian internal sekolah dilaksanakan pada 15 sampai dengan 26 September 2020. Dari hasil seleksi internal sekolah kemudian dikirim minimal 3 karya siswa terbaik ke Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta melalui email : perpustakaancikini@gmail.com.
  6. Penilaian Tim Pustakawan Dispusip dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 3 Oktober 2020.
  7. Pemenang 3 terbaik kegiatan tantangan baca digital akan di publish di ijakarta
  8. Peserta terbaik akan di berikan piagam penghargaan oleh Dispusip dan Disdik.

Pada kegiatan ini SDIT Al Muhajirin mengikutkan 3 orang peserta didiknya yaitu : Jessenia Sasana Karnajaya (kelas 5 Abu Dzar Al Ghifari), Salwa Alika Sahrisya (kelas 5 Hamzah bin Abi Thalib) dan Narendra Farizki Nugroho (kelas 2 Thalhah bin Ubaidillah).

Alhamdulillah, Jessenia Sasana Karnajaya mendapat predikat sebagai peserta terbaik pertama, Narendra Farizki Nugroho mendapat peringkat 21 dan Salwa Alika Sahrisya mendapat peringkat 30 dari seluruh 58 peserta terbaik. Kegiatan Tantangan Baca Digital 2020 ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan secara virtual bersama 58 peserta terbaik.

Sumber lainnya : https://dispusip.jakarta.go.id/dispusip/2020/09/29/kegiatan-tantangan-baca-digital-siswa.


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.