Wisata Ilmiah SDIT Al Muhajirin

SDIT Al Muhajirin, Koja, Jakarta Utara, mengadakan Wisata Ilmiah atau Study Tour pada Sabtu, 1 Februari 2020 dan 8 Februari 2020. Wisata Ilmiah pada Sabtu, 1 Februari 2020 diikuti oleh peserta didik kelas I hingga kelas III SDIT Al Muhajirin . Tempat yang menjadi tujuan wisata ilmiah adalah Museum Maritim Indonesia yang terletak di Pelabuhan Tanjung Priok – Jakarta Utara, Taman Wisata Lebah, Cibubur – Jakarta Timur, dan Museum Edukasi Lalu Lintas.

Di Museum Maritim Indonesia para peserta didik melihat sejumlah diorama dan miniatur kapal yang terpasang di ruang pameran museum. Terdapat dua ruang pameran yang masing-masing ruangan mewakili dua zaman berbeda, sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia,  dan mulai zaman kerajaan hingga masa kolonial Belanda.

Di Taman Wisata Lebah, Cibubur para siswa  bisa mengetahui secara langsung proses pembuatan madu yang berasal dari sarang lebahnya. Para siswa juga mencoba langsung untuk memanen madu, mereka diberi pelindung kepala atau alat safety agar terhindar dari sengatan para lebah, dan dipandu langsung oleh pemandu wisata yang sudah ahli dibidangnya.

Sedangkan pada Sabtu, 8 Februari 2020, Wisata Ilmiah (Study Tour) diikuti oleh peserta didik kelas 4, 5 dan 6 SDIT Al Muhajirin. Tempat yang menjadi tujuan Study Tour kali ini adalah Gedung Sate dan Saung Angklung Udjo di Bandung, Jawa Barat.

Tujuan pertama Study Tour SDIT Al Muhajirin adalah Saung Angklung Udjo. Di sini para siswa diperkenalkan dengan kebudayaan Sunda khususnya angklung. Para siswa juga diajak untuk memainkan alat musik angklung yang dipandu oleh pengelola Saung Angklung Udjo. Tujuan kedua Study Tour adalah Gedung Sate,  Bandung. Para siswa mempelajari sejarah Gedung Sate dan fungsinya di masa sekarang.


© - Yayasan Al Muhajirin Bahari. All Rights Reserved.